Penulis / NIM
ASRAN S. LABACO / 441418031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRID PIKOLI, S.Pd., M.Pd / 0014087301
Abstrak
ASRAN S. LABACO 2022. Identifikasi Kecenderungan Miskonsepsi Bentuk Molekul Didasarkan Pada Dimensi Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Suwawa Timur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Dr. Masrid Pikoli, S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kecenderungan miskonsepsi bentuk molekul Didasarkan Pada dimensi gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif Kualitatif. Pengumpulan data menggunakan Three tier Multiple Choice Test dan Index of Learning Style (ILS) model Felder-Silverman yang telah diuji validitas. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 56 siswa SMA Negeri 1 Suwawa Timur. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang mengalami miskonsepsi pada indikator pertama menentukan bentuk molekul sebanyak 60%, indikator kedua menentukan bentuk molekul dan menghubungkan dengan kepolaran molekul sebanyak 70%, indikator ketiga menentukan sudut ikatan sebanyak 76%. Hasil gaya belajar menunjukan bahwa pada dimensi pemrosesan, aktif-reflectif seimbang 61%, aktif sedang 34%, reflektif sedang 2%, aktif kuat 3% dan reflektif kuat 0%. Dimensi Persespsi, sensing-intuitive seimbang 66%, sensing sedang 23%, intuitive sedang 7%, sensing kuat 4% dan intuitive kuat 0%. Dimensi input visual-verbal seimbang 66%, visual sedang 16%, verbal sedang 14%, visual kuat 4% dan verbal kuat 0%. Dimensi Pemahaman, sequential-global seimbang 78%, sequential sedang 9%, global sedang 13%, sequential kuat 0% dan global kuat 0%. Adapun siswa yang cenderung mengalami miskonsepsi memiliki gaya belajar yang seimbang pada setiap dimensi,aktif-reflektif seimbang 34 siswa mengalami miskonsepsi pada indikator 2 soal nomor 3, sensing-intuitif seimbang 37 siswa mengalami miskonsepsi pada indikator 1 dan 3 soal nomor 7 dan 9, visual-verbal seimbang 37 siswa mengalami miskonsepsi pada indikator 1 soal nomor 7 dan sequential-global seimbang 44 siswa mengalami miskonsepsi pada indikator 3 soal nomor 9.
Kata Kunci : Miskonsepsi, Gaya Belajar Felder-Silverman, Siswa
Download berkas