Penulis / NIM
NURAIN R. USMAN / 441418037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
NURAIN R. USMAN. 2022. Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan pengga dikelas XI IPA SMAN 4 Gorontalo. Program Studi Pendidikan Kimia, Pembimbing : Hendri Iyabu S.Pd, M.Si. Pembimbing 2: Julhim S. Tangio S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based learning terhadap kemampuan berpikir krtis siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI IPA SMAN 4 Gorontalo. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini termasuk quasy experiment (eksperimen semu). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pesrta didik XI MIPA dengan sampel adalah kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 dengan teknik pengumpulan sampel yaitu dengan menggunakan purposive sampling. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga penulis memberikan tes dalam bentuk essay sebanyak 5 soal yang telah di uji validitas dan reabilitasnya. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 3,42 > ttabel = 1,67469 yang dimana H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada materi Larutan Penyangga
Kata kunci: PBL, Berpikir Kritis
Download berkas