Penulis / NIM
WINDI MAKATEMU / 441418042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
WINDI MAKATEMU. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI Pada Materi
Hidrokarbon Di SMA Negeri 1 Limboto. Program Studi Pendidikan Kimia.
Pembimbing 1 : Drs. Mardjan Paputungan, M.Si. Pembimbing 2 : Julhim S.
Tangio, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based
learning terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Hidrokarbon. Penelitian
menggunakan metode kuantitatif dengan Quasi Eksperimental Design pretest¾posttest control design yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Limboto pada
Agustus 2022. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Limboto,
sedangkan sampel yang di ambil adalah siswa kelas XI Semester Ganjil tahun
2022. Menggunakan instrumen berupa tes two tier diagnostic multiple choice
pemahaman konsep siswa sebelum pembelajaran (pre-test) dan setelah
pembelajaran (post-test). Hasil uji validitas tes menunjukkan bahwa 10 soal valid,
hasil reliabelitas tes sebesar 0,712 tergolong dalam kategori tinggi. Hasil analisis
data menggunakan Analisis independent-samples t-test diperoleh nilai thit = 3,668
sedangkan nilai ttab pada taraf signifikan ± = 0,05 adalah 2,001, maka nilai thit
lebih besar dari nilai ttab, sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Problem Based
Learning terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMA Negeri Limboto Pada Materi
Hidrokarbon di SMA Negeri 1 Limboto.
Kata kunci: Pembelajaran Problem Based Learning; Pemahaman Konsep;
Hidrokarbon
Download berkas