Penulis / NIM
NURSISKA A. GESA / 441418043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal-soal materi larutan penyangga. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif dengan jenis penelitain berbentuk survey. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA yang dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu dengan pertimbangan tertentu. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menilai kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan soal tes yang sudah di validasi. Indikator yang digunakan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran kimia khususnya materi larutan penyangga antara lain memberikan penjelasan sederhana, memberikan penjelasan lanjut, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan dan mengatur strategi dan taktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal-soal materi larutan penyangga berdasarkan indikator berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana 51%, memberikan penjelasan lanjut 44%, membangun keterampilan dasar 42%, menyimpulkan 48% dan mengatur strategi dan taktik 41% dengan rata-rata persentasi keseluruhan yaitu 45% yang termasuk dalam kategori sedang.
Download berkas