SKRIPSI

Penulis / NIM
SANDI BUHUNGO / 441418045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRID PIKOLI, S.Pd., M.Pd / 0014087301
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr WENY J.A MUSA, M.Si / 0022086611
Abstrak
Sandi Buhungo 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Interpelasi Terhadap Hasil Belajar dan Retensi Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA SMAT Wira Bhakti. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Masrid Pikoli, M.Pd, dan Pembimbing II Prof. Dr. Weny J.A Musa, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Interpelasi terhadap hasil belajar dan retensi siswa pada materi hidrolisis garam kelas XI IPA SMAT Wira Bhakti. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subyek 44 siswa kelas XI IPA 1 dan IPA 2 SMAT Wira Bhakti. Data yang digunakan pada penelitian berupa data tes hasil belajar dan retensi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 73,86 dan kelas kontrol nilai rata-rata sebesar 62,27. Hasil tes retensi siswa untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,18 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 48,86. Hipotesis diuji mengunakan uji t. Dari hasil analisis menunjukan: 1) Diperoleh thitung > ttabel (3,428 > 1,682) artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Interpelasi terhadap hasil belajar siswa; 2) Diperoleh thitung > ttabel (5,872 > 1,682) artinya terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap retensi siswa. Kata Kunci : interpelasi, hasil belajar, retensi, hidrolisis garam
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011