Penulis / NIM
ABD. RAHMAN SULEMAN / 451407001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Abd Rahman Suleman. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Integrasi Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Metode Picture And Picture Pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan ITK, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Nawir Sune, M.Si dan Pembimbing II Daud Yusuf, S.Kom, M.Si. Penelitian ini menjawab permasalahan tentang apakah hasil belajar siswa kelas XI MA Hubulo Kecamatan Tapa pada topik Lingkungan Hidup akan meningkat jika diterapkan Integrasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Metode Picture And Picture Pada Mata Pelajaran Geografi. Penelitian ini adalah penelitian bersiklus, dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Objek penelitian sejumlah 17 orang siswa yang terdiri dari 4 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan tes hasil belajar.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I adalah 71% siswa yang tuntas, 29% siswa yang tidak tuntas dan meningkat menjadi 88% siswa yang tuntaspada siklus II, dan siswa tidak tuntas hanya 12%. Berdasarkan hasil yang dicapai, dapat disimpulkan bahwa Melalui Integrasi model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS MA Hubulo Kecamatan Tapa.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif
Download berkas