Penulis / NIM
ARHAM PESAK / 451407007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
ARHAM PESAK. NIM. 451 407 007. Judul penelitian Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD)
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi (Suatu Penelitian
Pada Siswa Kelas X MAN Model Gorontalo).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaaan antara hasil belajar
siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Student
Team Achievement Division (STAD) dengan hasil belajar siswa pada kelas yang
menggunakan model pembelajaran langsung.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik
pengumpulan data melalui teknik tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis
dengan menggunakan statistik parametrik uji kesamaan dua rata-rata, dengan
pendekatan yang digunakan adalah pengujian validitas, realibilitas dan uji t.
Berdasarkan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa terdapat perbedaaan antara
hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif
tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan hasil belajar siswa pada
kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung.” Hal ini dapat dibuktikan
dengan uji beda dua rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD)
dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran langsung,
dimana thitung berada di luar daerah penerimaan ho, sehingga ho ditolak dan h1
diterima.
Kata kunci: Hasil Belajar Siswa dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team
Achievement Division (STAD)
Download berkas