Penulis / NIM
DIANTI MOHI / 451407015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
ABSTRAK
Dianti Nohi. NIM. 451 407 015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Litosfer. Pembimbing I Bapak,Prop,Dr,Hj,Yosep,Paramata.M.Pd dan Pembimbing II Ibu, Raghel,Yunginger S.Pd.M.Si
Penelitian ini merupakan penelitian studi eksprimen yang dilaksanakan di SMA I Telaga. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi, yang melibatkan kelas eksprimen dan kelas kontrol, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dengan kelas yang pembelajaran kooperatif tipe snowball trowing. populasi penelitian, adalah siswa kelas X SMA Negari I Telaga. Desain penelitiaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Posttest Only Control Design. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatip tipe artikulasi dapat terlihat adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunaakan model pembelajarn kooperatif tipe artikulasi dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran koopertif tipe snowball trowing, yaitu kelas eksprimen memiliki hasil belajar 77.7 lebih tinggi di bandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksprimen dengan kelas kontrol menujukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap hasil belajar siswa
Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi, snowball trowing, hasil belajar.
Download berkas