Penulis / NIM
HELI NIKO / 451407022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Heli Niko . Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hidrosfer melalui integrasi model kooperatif tipe talking stick dan numbered head together (nht) di kelas x sma tridharma gorontalo Skripsi. Provinsi Gorontalo. Program Studi Geografi. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo 2013.Bimbingan Bapak Prof Yosep Paramata M.Pd dan ibu Daud Yusuf ,S.kom,M.Si
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X di SMA Tridarma gorontalo pada materi Hidrosfer dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scrambel dengan indikator yang terdiri dari Adanya hasrat dan keinginan berhasil, Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, Adanya harapan dan cita cita besar
Adanya penghargaan dalam belajar, Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, Adanya lingkungan belajar yang kondusif sehingga memunkinkan peserta dapat belajar dengan baik. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Tridarma Kota Gorontalo selam 2 bulan. Penelitian ini menggunakan metode deskritif. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan test yang berisi soal mengenai belajar siswa.Adapun hasil hasil belajar siswa dari 16 siswa yang di kenai pada siswa kelas X SMA Tridarma Kota gorontalo berlangsung baik dengan persentase ternyata 14 orang (87,5%) mencapai nilai 75 keatas. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan dipenuhi. Dengan hasil pelaksanaan menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi hidrosfer dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe talking stick dan numbered head together.
Kata kunci : Hasil belajar, kooperatif tipe talking stick dan numbered head together
Download berkas