SKRIPSI

Penulis / NIM
JASMANI H. LASENA / 451407027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK Jasmani H. Lasena. 2012. Pengharuh Penerapan Teknik Mind Mapping Terhadap Hasil Belajarb Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Pedosfer. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Geografi, Jurusann Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Nurfaika, M.Si, M.Sc Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen si SMA Prasetya Gorontalo. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan teknik mind mapping yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan cara mengkaji apakah terdapat pembelajaran berarti antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan teknik mind mapping dan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan concept mapping. Seluruh siswa kelas X SMA Prasetya Gorontalo menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil 2 kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pada kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan tes sebanyak dua kali, yaitu tes awal dan tes akhir. Secara statistik data rata-rata skor kemajuan belajar peserta didik pa kels eksperimen dan kelas kontrol diuji perbedaannya dengan menggunakan teknik statistik parametrik. Berdasarkan kriteria penggujian yang digunakan diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang berarti pada hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan kritria pengujian hipotesis maka diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 39,98 > 4,08 yang berarti menerima hipotesis alternativ (H1 diterima). Dengan demikian terdapat perbedaan yang berarti pada hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Secara keseluruhan kemajuan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 24,09 dan pada kelas kontrol sebesar 20,68. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan yang berarti hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan teknik mind mapping dengan hasil belajar siswa yang menggunakan concept mapping. Kata kunci : Teknik Mind Mapping, Concept Mapping dan Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011