Penulis / NIM
KASMIN T. HASIM / 451407030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK
Kasmin T. Hasim. NIM. 451 407 030. "Mutu Proses Pembelajaran di Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian Program Studi Geografi di Universitas Negeri Gorontalo". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuimutu proses pembelajaran di Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian Program Studi Geografi di UNG.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatifuntuk mendeskripsikan mutu proses pembelajaran di Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian Program Studi Geografi di Universitas Negeri Gorontalo.
Dari hasil menunjukkan bahwa mutu proses pembelajaran yang diukur dari: (1) indikator persiapan pengajaran diperoleh presentase sebesar 62.11% dengan kategori cukup baik, (2) indikator ketepatan waktudiperoleh presentase sebesar 54.04% dengan kategori kurang baik, (3) indikator keterampilan penguasaan materi dan menjelaskan materidiperoleh presentase sebesar 65.61% dengan kategori cukup baik, (4) indikator kemampuan dan kesempatan bertanyadiperoleh presentase sebesar 87.58% dengan kategori baik, (5) indikator media pembelajaran diperoleh presentase sebesar 70.60% dengan kategori cukup baik, dan (6) indikator evaluasi hasil pembelajaran diperoleh presentase sebesar 73.29% dengan kategori cukup baik.
Secara umum mutu proses pembelajaran di Jurusan Ilmu dan Teknologi KebumianProgram Studi Geografi di Universitas Negeri Gorontalo secara keseluruhan dapat diperoleh sebesar 68.87% dengan kategori cukup baik. Secara umum cara belajar siswa secara keseluruhan dapat diperoleh sebesar 83.93 % dengan kategori baik.
Kata Kunci: Mutu Proses Pembelajaran dan Mata Kuliah Geografi
Download berkas