Penulis / NIM
KOMARIA S. NUHUNG / 451407032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
ABSTRAK
Komaria S. Nuhung Nim. 451 407 032. Pengaruh Pemanfaatan Alat Peraga Pada Materi Tenaga Endogen Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Prasetya Gorontalo. Skripsi, yang dibimbing oleh bapak Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan Ibu Raghel Yunginger, S.Pd, M.Si. Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matemtika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo tahun 2012. Untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang memanfaatkan alat peraga pada materi tenaga endogen dengan kelas yang memanfaatkan media gambar di SMA Prasetya Gorontalo. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan teknik tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik uji kesamaan dua rata-rata, dengan pendekatan yang digunakan adalah pengujian validitas, realibilitas, dan uji t. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka dapat dilihat bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi ” terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang memanfaatkan alat peraga pada materi tenaga endogen dengan kelas yang memanfaatkan media gambar di SMA Prasetya Gorontalo.” dinyatakan terbukti dan diterima secara ilmiah. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji beda dua rata-rata hasil belajar siswa yang memanfaatkan alat peraga dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media gambar, dimana thitung berada di luar daerah penerimaan ho, sehingga ho ditolak dan h1 diterima.
Download berkas