Penulis / NIM
LA ODE GUSMANTO / 451407034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
La Ode Gusmanto. NIM 451 407 034. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sumber
Daya Alam Pada Mata Pelajaran Geografi Melalui Model Pembelajaran Cooperative
Learning Teknik IOC. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan
Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri
Gorontalo.
Masalah dalam penelitian ini adalah “rendahnya hasil belajar siswa materi sumber
daya alam, dan tidak efektifnya strategi pembelajaran yang diterapkan. Masalah ini
akan ditanggulangi dengan penerapan model pembelajaran kooperatife teknik IOC.
Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam.
Dengan melaksanakan penelitian ini, dapat memberikan manfaat bagi siswa yang
berhubungan hasil belajar, guru yang berhubungan dengan peningkatan kualitas
pembelajarannya, dan sekolah yang berhubungan dengan peningkatan mutu
pendidikan.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Dengan menggunakan teknik IOC akan
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi SDA pada mata pelajaran geografi”.
Indikator kinerja, yakni “Jika hasil belajar siswa telah meningkat dari 12 siswa
(35,29%) menjadi 27 siswa (79,41%) ke atas yang mencapai KKM, maka penelitian
ini dinyatakan selesai”. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS
1
SMA Negeri 2
Gorontalo yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini berlangsung sebanyak dua siklus,
tiap siklus dilaksanakan melalui empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan
tindakan, pemantauan dan evaluasi, dan refleksi.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menujukkan adanya peningkatan kemampuan
siswa yang mencapai pada kriteria keberhasilan. Dari jumlah siswa keseluruhan 34
orang, maka pada siklus I mencapai ketuntasan sebanyak 15 orang atau 44,12%
dengan daya serap klasikal sebesar 55. Pada siklus II ketuntasannya meningkat
menjadi 28 orang atau 82,35% dengan daya serap klasikal sebesar 78. Untuk hasil
observasi kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan secara
bertahap dalam pelaksanaannya pada setiap siklus. Kesimpulan yang dapat ditarik
adalah hipotesis yang diajukan, diterima.
Kata Kunci:
Hasil belajar, sumber daya alam, pembelajaran kooperatif, teknik IOC.
Download berkas