SKRIPSI

Penulis / NIM
LA ODE GUSMANTO / 451407034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK La Ode Gusmanto. NIM 451 407 034. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam Pada Mata Pelajaran Geografi Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik IOC. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Masalah dalam penelitian ini adalah “rendahnya hasil belajar siswa materi sumber daya alam, dan tidak efektifnya strategi pembelajaran yang diterapkan. Masalah ini akan ditanggulangi dengan penerapan model pembelajaran kooperatife teknik IOC. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam. Dengan melaksanakan penelitian ini, dapat memberikan manfaat bagi siswa yang berhubungan hasil belajar, guru yang berhubungan dengan peningkatan kualitas pembelajarannya, dan sekolah yang berhubungan dengan peningkatan mutu pendidikan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Dengan menggunakan teknik IOC akan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi SDA pada mata pelajaran geografi”. Indikator kinerja, yakni “Jika hasil belajar siswa telah meningkat dari 12 siswa (35,29%) menjadi 27 siswa (79,41%) ke atas yang mencapai KKM, maka penelitian ini dinyatakan selesai”. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Gorontalo yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini berlangsung sebanyak dua siklus, tiap siklus dilaksanakan melalui empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menujukkan adanya peningkatan kemampuan siswa yang mencapai pada kriteria keberhasilan. Dari jumlah siswa keseluruhan 34 orang, maka pada siklus I mencapai ketuntasan sebanyak 15 orang atau 44,12% dengan daya serap klasikal sebesar 55. Pada siklus II ketuntasannya meningkat menjadi 28 orang atau 82,35% dengan daya serap klasikal sebesar 78. Untuk hasil observasi kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan secara bertahap dalam pelaksanaannya pada setiap siklus. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah hipotesis yang diajukan, diterima. Kata Kunci: Hasil belajar, sumber daya alam, pembelajaran kooperatif, teknik IOC.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011