Penulis / NIM
LAODE HAFISIN LAODE HAEDIDI / 451407035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Laode Hafisin. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Membaca, Menulis, Tampil, Komentar, Revisi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Topik Sumber Daya Alam. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Asri Arbie dan Ahmad Zainuri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di MAN Model Grontalo Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran Membaca, Menulis, Tampil, Komentar, Revisi dengan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Metode ceramah, yang melibatkan kelas eksperimen (XI-IPS3) dan kelas kontrol (XI-IPS2) dengan jumlah siswa keseluruhan 47 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan observasi. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik uji kesamaa n dua rata-rata, dengan pendekatan yang digunakan adalah pengujian validitas, realibilitas, dan uji t. Dari hasil pengujian hipotesis di dapatkan thitung> ttabel yaitu 2,55 > 2,02. Sehingga dari hasil ini menunjukkan bahwa terdapat Perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Membaca, Menulis, Tampil, Komentar, dan Revisi dengan kelas yang menggunakan Metode Ceramah terhadap hasil belajar siswa pada Topik Sumber Daya Alam.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Membaca, Menulis, Tampil, Komentar, Revisi. Dan Hasil belajar siswa
Download berkas