Penulis / NIM
LUBIS / 451407036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
LUBIS. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Lingkungan Hidup
Dengan Menggunakan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) Di Kelas
XI C2 MAN Model Gorontalo (Suatu Peneitian Deskriptif Kelas di MAN Model
kota Gorontalo)Skripsi. Provinsi Gorontalo. Program Studi Geografi. Jurusan
Fisika. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri
Gorontalo 2012. Bimbingan Bapak Muhamad Yusuf, S.si, M.si dan Bapak
Ahmad Zainuri, Spd, MT
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar
siswa di kelas XI C2 MAN Model gorontalo pada meteri Lingkungan Hidup
dengan menggunakan metode pemecahan masalah (Problem solving), dengan
indikator yang terdiri dari Adanya hasrat dan keinginan berhasil, Adanya
dorongan dan kebutuhan dalam belajar, Adanya harapan dan cita cita besar
Adanya penghargaan dalam belajar, Adanya kegiatan yang menarik dalm
belajar, Adanya lingkungan belajar yang kondusif sehingga memunkinkan peserta
dapat belajar dengan baik. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS
C2 MAN Model Kota Gorontalo selam 2 bulan. Penelitian ini menggunakan
metode deskritif. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan angket yang
berisi pernyataan mengenai motivasi belajar siswa.Adapun hasil motivasi belajar
siswa dari 20 siswa yang di kenai pada siswa kelas IPS C2 MAN Model Kota
gorontalo berlangsung baik dengan persentase ternyata 18 orang (90%) mencapai
nilai 75 keatas. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan
dipenuhi. Dengan hasil pelaksanaan menunjukan bahwa terjadi peningkatan
motivasi belajar siswa pada materi lingkungan hidup menggunakan metode
pembelajaran problem solving.
Kata kunci : Motivasi, Problem solving
Download berkas