SKRIPSI

Penulis / NIM
MIRZA / 451407042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK Mirza D sulu. 2012. : pengaruh penerapan metode out door learning dalam pembelajaran geografi terhadap peningkatan hasil belajar siswa (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Bokat kec, Bokat kab, Buol). Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : I) Prof.Dr.H. Yosep Paramata M.pd dan Pembimbing II) Daud Yusuf S.kom M.si Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Metode pembelajaran Out Door Learning pada mata pelajaran geografi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini melibatkan kelompok perlakuan (XI IPS 1) dan kelompok kontrol (XI IPS 2). Penelitian ini ditujukan untuk melihat apakah ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diterapkan Metode pembelajaran Out Door Learning dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran Konvensional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bokat Kec Bokat kab buol. Instrument penelitian menggunakan tes. Tes tersebut dilaksanakan pada siswa yang ada dikelompok perlakuan dan juga pada kelompok kontrol. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan membuat daftar hasil tes siswa pada kedua kelompok tersebut. Selanjutnya diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statistik Chi- Kuadrat. Hasilnya adalah bahwa nilai ? 2hitung ? ? 2tabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 7,784 < 11,070. Dan untuk kelas kontrol 7,464 < 11.070. Dengan demikian rata-rata skor hasil belajar siswa terdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan menggunakan t-tes menunjukkan bahwa thitung ? ttabel yaitu 4,210287 > 1,690924 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Out Door Learning dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional. Kata kunci : Metode Pembelajaran Out Door Learning dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011