SKRIPSI

Penulis / NIM
NURHAYATI LAMBODJI / 451407050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
Nurhayati Lambodji. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Pokok Bahasan Hidrofer Di Kelas X7 SMA Negeri 3 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi tentang pokok bahasan Hidrosfer di kelas X7 SMA Negeri 3 Gorontalo akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi tentang pokok bahasan hidrosfer melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas X7 SMA Negeri 3 Gorontalo.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas X7 SMA Negeri 3 Gorontalo. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X7 yang berjumlah 24 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran geografi tentang pokok bahasan hidrosfer melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas X7 SMA Negeri 3 Gorontalo, menunjukkan ketuntasan yang diperoleh siswa pada observasi awal ketuntasan hanya berjumlah 10 orang atau sebesar 42%, pada siklus I meningkat menjadi 16 orang atau sebesar 66.67% dan pada siklus II ketuntasan meningkat lagi menjadi 22orang atau sebesar 91.67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X7 SMA Negeri 3 Gorontalo pada mata pelajaran geografi tentang pokok bahasan Hidrosfer.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011