Penulis / NIM
PURNAWAN LARAJU / 451407052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
PURNAWAN LARAJU. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Lingkungan Hidup dengan Menggunakan Metode The Learning Cell Pada Mata Pelajaran Geografi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup menggunakan metode The Learning Cell. Adapun hasil-hasil temuan pelaksanaan penelitian tindakan kelas sebagai berikut: siklus 1 dua kali pertemuan yaitu dari 11 aspek yang diamati pada kegiatan guru, ternyata hanya 31,81%) memperoleh kategori sangat baik dan 40,90% kriteria baik. Sedangkan dari 9 aspek yang di amati pada aktivitas siswa, ternyata hanya 27,78% memperoleh aspek sangat baik dan 44,44% memperoleh kategori baik. Hal ini didukung oleh hasil belajar dari 30 orang siswa, ternyata hanya 22 orang (73,33%) mencapai nilai 75 keatas. sehingga perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya, karena belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan. SIKLUS II (1 kali pertemuan) : Dari aspek yang diamati pada kegiatan guru, ternyata 11 aspek (100%) memperoleh katagori baik dan sangat baik. Sedangkan dari 9 aspek yang diamati pada aktivitas siswa, ternyata 9 aspek (100%) memperoleh kategori baik dan sangat baik. Hal ini didukung oleh hasil belajar, dari 30 orang siswa ternyata 26 orang (86,66%) mencapai nilai 75 keatas. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan dipenuhi. Dengan hasil pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup menggunakan metode pembelajaran The Learnging Cell. Dengan demikian hipotesis penelitian “jika dalam pembelajaran geografi materi lingkungan hidup menggunakan metode pembelajaran The Learnging Cell, maka hasil belajar siswa akan meningkat “terbukti.
Download berkas