Penulis / NIM
SARTO DOKA / 451407065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Sarto Doka, (2013) “Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi melalui
pembelajaran Paikem pada materi lingkungan hidup”. Skripsi Jurusan Pendidikan Georafi
Program Pendidikan Strata I ( S1 ) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Dr. rer. nat. Mohamad Jahja dan Pembimbing II Ahmad Zainuri, S.Pd, MT.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran geografi melalui pembelajaran paikem pada materi lingkungan hidup. Siswa kelas
XI IPS SMA Tridharma Kota Gorontalo yang menjadi subjek dalam penelitian ini berjumlah 19
orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung
dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar hasil
pengamatan kegiatan pembelajaran guru, lembar hasil pengamatan kegiatan siswa. Hasil belajar
siswa serta refleksi tindakan siklus I dan siklus II. Metode yang digunakan untuk menganalisis
data adalah teknik analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada siklus I
presentase siswa yang tuntas sebesar 42,11 % dari seluruh siswa yang dikenai tindakan.
Presenase ini menunjukkan bahwa penelitian belum berhasil sebab belum memenuhi indikator
kinerja. Oleh karena itu, penelitian dilanjutkan pada siklus II. Aspek-aspek pengamatan yang
belum terlaksanakan dengan baik diperbaiki pada siklus ini. Hasilnya, seluruh siswa yang
dikenai tindakan memiliki ketuntasan sebesar 89,47% dengan daya serap klasikal 75 %. Jadi,
“melalui pembelajaran PAIKEM dalam mempelajari lingkungan hidup, maka hasil belajar siswa
meningkat”.
- Kata kunci: Hasil Belajar, Lingkungan Hidup, Pembelajaran PAIKEM.
Download berkas