Penulis / NIM
SRIWINDA KATILI / 451407074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Sriwinda Katili, 2012. Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di Sma Negeri 1 Paguyaman.
Penelitian ini bermaksud mengkaji tentang Aplikasi powerpoint, yang melibatkan kelas eksperimen (XE) dan kelas kontrol (XA) dengan melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Aplikasi powerpoint dengan hasil belajar siswa pada kelas yang tidak menggunakan Aplikasi Powerpint. Populasi penelitian adalah seluruh siswa yang duduk di kelas X di SMA Negeri 1 Paguyaman. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrument tes. Tes diberikan kepada siswa yang berada di kelas eksperimen dan di kelas kontrol sebanyak 2 kali yaitu pretest dan posttest. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan uji statistik dengan rumus chi-kuadrat dan diperoleh nilai x2hitung < x2tabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 4.29135186 < 11,070 dan untuk kelas kontrol 3,615684 < 11,070. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kedua kelas data tersebut dapat terdistribusi secara normal. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data, maka rata-rata skor hasil belajar siswa menggunakan statistik uji t. Dari hasil pengujiaan hipotesis di dapatkan thitung> t tabel yaitu 6,040 > 1,980. Sehingga dari hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Aplikasi Powerpoint dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Aplikasi Powerpoint.
Kata kunci : Aplikasi Powerpoint, Hasil belajar siswa
Download berkas