Penulis / NIM
SUPLIN / 451407076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
ABSTRAK
Suplin, “2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Melalui Metode Discovery Di Kelas X3 SMA Prasetya Gorontalo. Skripsi. Jurusan Fisika program studi Pendidikan Geografi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode pembelajaran discovery pada materi tenaga endogen hasil belajar siswa akan meningkat. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X3 SMA Prastya Gorontalo yang berjumlah 25 Orang. Adapu metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakam metode discovery untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa yang dikenai tidakan berjumlah 25 orang siklus I. Untuk itu dari 25 Orang siswa yang dikenai tindakan hanya 16 orang siswa (64%) mencapai kriteria ketuntasan sedangkan (36%) belum mencapai ketuntasan belajar. Untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Berbagai kekurangan pada siklus I selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan pada pelaksanaan siklus II. Ternyata hasil pelaksanaan siklus II menunjukkan bahwa dari 25 orang siswa yang dikenai tidakan hasil belajar siswa ada 24 orang siswa (96%) telah mencapai kriteria ketuntasan belajar dan 1 orang siswa (4%) belum mencapai kriteria ketuntasan belajar yang telah ditetapkan, namun rata-rata nilai yang diperoleh diatas dari batas kriteria ketuntasan belajar. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran discovery pada materi tenaga endogen dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X3 SMA Prasetya Gorontalo. Pada tahun pelajaran 2012.
Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode discovery
Tenaga endogen
Download berkas