Penulis / NIM
SURIANI / 451407077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Suriani.Nim. 451 407 077. Persepsi Guru Terhadap Mata Pelajaran Geografi Di SMA Se Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil observasi, permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan guru terhadap proses belajar mengajar, sebagai salah satu proses pendidikan yang masih rendah dan siswa kurang menanyakan materi yang belum jelas pada saat mata pelajaran berlangsung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh manakah persepsi guru terhadap mata pelajaran geografi di SMA Se Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi yang digunakan semua guru Geografi SMA Se Kota Gorontalo yang dengan jumlah sampel 7 orang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket sebagai metode utama. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap mata pelajaran Geografi di SMA Se Kota Gorontalo adalah baik. Hal ini didukung oleh sarana dan prasarana pembelajaran yang cukup memadai seperti laboratorium komputer, OHP, serta alat peraga Geografi lainnya, kesadaran masing-masing siswa dengan lebih semangat untuk belajar serta kreatif dalam mengembangkan potensinya. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyarankan 1) Dari pihak kepala sekolah SMA Se Kota Gorontalo hendaknya sosialisasi mengenai Mata Pelajaran Geografi kepada guru perlu ditingkatkan baik melalui penataran, pelatihan-pelatihan, atau seminar-seminar tentang pelaksanaan pembelajaran Geografi. 2) Keberhasilan pembelajaran Geografi sangat ditentukan oleh beberapa pihak seperti kepala sekolah, guru, dan siswa sehingga diperlukan sikap positif, kesadaran, dan kesiapan untuk menerima model pendekatan baru pada pembelajaran Geografi.
Kata Kunci : Persepsi Guru, Mata Pelajaran Geografi
Download berkas