Penulis / NIM
TUTI RAHMAN / 451407079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Tuti Rahman. NIM. 451 407 079 Judul penelitian Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Surya Melalui Integrasi Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Metode Problem Solving Di Kelas X SMA Tridharma Gorontalo. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Prodi Geografi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo 2015. dibawah bimbingan Bapak Nawir Sune M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Ahmad Zainuri, S.Pd, MT selaku Pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Tata Surya melalui perpaduan model cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Problem Solving di SMA Tridharma Gorontalo. Siswa yang menjadi subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas X SMA Tridharma Kota Gorontalo yang berjumlah 14 orang. data diperoleh denagan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktifitas guru, lembar pengamatan aktifitas siswa. Berdasarkan penelitian bahwa Integrasi Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X SMA Tridharma Kota Gorontalo pada mata pelajaran geografi materi Tata Surya. Dengan hasil belajar siswa pada siklus I dari 14 siswa hanya 8 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan atau sebesar 57% dan selanjutnya di perbaiki pada siklus II dari 14 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 12 siswa yang tuntas atau sebesar 86%. Dengan demikian tidak perlu di lanjutkan pada siklus selanjutnya.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Integrasi Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Metode Problem Solving.
Download berkas