Penulis / NIM
UPIYANTO / 451407080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Upi Yanto. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Geografi Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Topik Sumber
Daya Alam Di Kelas XI SMA Tridharma Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi
S1 Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Fakultas
Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Nawir
Sune, M.Si dan Pembimbing II Daud Yusuf, S.Kom, M.Si. Penelitian ini
menjawab permasalahan tentang apakah hasil belajar siswa kelas XI SMA
Tridharma Kota Gorontalo pada topik sumber daya alam akan meningkat jika
diterapkan model pembelajaran Cooperative Script. Tujuan utama dari penelitian
ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Tridharma Kota
Gorontalo melalui model pembelajaran Cooperative Script. Penelitian ini adalah
penelitian bersiklus, dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Objek penelitian
sejumlah 14 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 4 orang
siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar
pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan tes hasil
belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang dicapai siswa
pada siklus I hanya 64%, dan meningkat menjadi 93% pada siklus II. Pengelolaan
pembelajaran yang dinilai melalui aktivitas guru mengalami peningkatan dari
53% pada siklus I, meningkat menjadi 94% pada siklus II. Aktivitas siswa pada
siklus I hanya sebesar 64,28%, dan meningkat pada siklus II menjadi 92,85%.
Berdasarkan hasil yang dicapai, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA
Tridharma Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Cooperative Script, Sumber Daya Alam, Hasil Belajar Siswa
Download berkas