Penulis / NIM
WAODE AMULIA DJARU / 451407081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Wa Ode Amulia Djaru. Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Materi Biosfer pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi program studi pendidikan Geografi. penelitian ini mengkaji tentang pengaruh model cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar materi biosfer pada mata pelajaran geografi, lebih jauh penelitian iniditujukan untuk mengetahui pebedaan belajar siswa yang diajarkan menggunakan model cooperative learning tipe GI dengan model pembelajaran konvensional, yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas control. Populasi dalam penelitian seluruh siswa XI IPS SMA Negeri 1 Kulisusu yang berjumlah 65 orangdan terdistribusi pada dua kelas, yaitu kelas XI IPS1 dan IPS2 dengan jumlah siswa masing-masing 35 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 96 orang. Sampel ini ditemukan dengan menggunakan Cluster Random, dimana seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Pengambilan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrument berupa tes. Tes diberikan kepada siswa yang berada di kelas Eksperimen dan kelas Kontrol yang merupakan tes evaluasi hasil belajar. Data hasil penelitian ini diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis person korelation dan diperoleh nilai X2 hitung = - 33,3792 < X2 tabel =3,841 yaitu untuk kelas eksperimen dan untuk kelas control X2 hitung = 0,1195 < X2 tabel = 3,841. Data hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk kedua kelas data tersebut dapat berdistribusi secara normal. berdasarkan hasil pengujian normalitas data, maka rata-rata skor hasil belajar siswa mengunakan statistic uji t. Dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan didapatkan t hitung > t tabel yaitu 4,69 > 2,0. Sehingga dari hasil ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model cooperative learning tipe GI dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Cooperative Learning Tipe GI, Hasil Belajar
ABSTRACT
Wa Ode Amelia Djaru. Effect of Cooperative Learning Model Type Group Investigation Of Learning Outcomes Subject Matter Biosphere in Geography. Thesis Geography education courses. This research examines the influence of the model of cooperative learning type group investigation on learning outcomes matter of the biosphere on the subjects of geography, further research iniditujukan to know pebedaan learning students are taught using a model of cooperative learning GI type with conventional learning model, which inv olves experimental class and control class , The population of the entire student study XI IPS SMAN 1 Kulisusu totaling 65 orangdan distributed in two classes, namely class XI IPS1 and IPS2 the number of students of each 35 people. The sample in this study were all students of class XI IPS totaling 96 people. This sample was found using Cluster Random, where the entire population of the research samples. Data retrieval is done by using the instrument in the form of a test. The test is given to students who are in class experiments and control class which is the test evaluation of learning outcomes. Data from this study tested the normality by using analysis korelation person and X2 values obtained count = - 33.3792 2.0. So these results indicate that there are significant differences between the learning outcomes of students who are taught using cooperative learning model of GI type using conventional learning.
Keywords: Cooperative Learning GI type, Learning Outcomes
Download berkas