SKRIPSI

Penulis / NIM
YAHIP PONGE / 451407087
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK Yahip Ponge. 2015 Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Tata Surya Siswa Kelas X (Sepuluh). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Bapak Dr.rer.nat. Mohamad Jahja, M.Si Pembimbing I dan Daud Yusuf, S.Kom, M.Si Pembimbing II. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SMA Tridharma kota Gorontalo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh rendahnya partisispasi siswa dalam kegiatan pembelajaran serta siswa masih kurang percaya diri dalam mengungkapkan pertanyaannya. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Siswa yang menjadi subjek tindakan kelas adalah kelas X SMA Tridharma kota Gorontalo tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 15 orang. Data diperoleh menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktifitas guru dan aktifitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Tridharma kota Gorontalo pada pelajaran Geografi khususnya materi Tata Surya. Hasilnya dapat dilihat pada siklus I yaitu hasil belajar siswa dari 15 siswa hanya 3 siswa (20%) yang tuntas. Selanjutnya pada siklus II dari 15 siswa, siswa yang tuntas 13 orang (86,6%). Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditentukan telah tercapai sehingga tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Kata kunci : Model Pembelaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Siswa SMA Tridharma Kota Gorontalo
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011