Penulis / NIM
YULIANA MUSTAPA / 451407092
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Yuliana Mustapa. Penerapan Model Pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Marisa Kabupaten Pohuwato. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 1 Marisa Kabupaten Pohuwato tahun ajaran 2011/2012 jika diajar dengan menggunakan Model pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI). Tujuan utama adalah Untuk memperoleh informasi mengenai peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 1 Marisa Kabupaten Pohuwato tahun ajaran 2011/2012, dengan menggunakan Model pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI) serta untuk memberikan pemahaman kepada siswa terhadap materi yang diajarkan, hasil penelitian menunjukkan indikator kinerja ketuntasan belajar siswa pada siklus I hanya mencapai 41,7%, yang tidak tuntas sebesar 58,3%, namun pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa mencapai 83,3%, dan yang tidak tuntas hanya 16,7%. sedangkan hasil rekapitulasi pengelolaan kegiatan belajar mengajar pada pada siklus 1 masih sangat rendah pada siklus 2 meningkat sebesar 100%.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI) dan Hasil Belajar Siswa.
Download berkas