Penulis / NIM
YUSRIN / 451407096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Yusrin Kantu. NIM. 451 407 096. Judul penelitian Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer Kelas X Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Tipe Active Knowledge Sharing. dibawah bimbingan Ibu Dr. Sunarti Eraku S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Daud Yusuf, S.Kom, M.Si selaku Pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran Tipe Active Knowledge Sharing. siswa yang menjadi subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas X SMA Tridharma Kota Gorontalo yang berjumlah 14 orang. data diperoleh denagan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktifitas guru, lembar pengamatan aktifitas siswa.
Berdasarkan penelitian bahwa metode pembelajaran tipe Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X SMA Tridharma Kota Gorontalo pada mata pelajaran geografi materi Hidrosfer. Dengan hasil belajar siswa pada siklus I dari 14 siswa hanya 8 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan atau sebesar 58 %, dan selanjutnya diperbaiki pada siklus II dari 14 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 12 siswa yang tuntas atau sebesar 86 %. Dengan demikian berdasarkan indikator keberhasilan yang ditentukan telah tercapai dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus selanjutnya.
Kata kunci: Hidrosfer, metode Active Knowledge Sharing
Download berkas