Penulis / NIM
ZAKIR INGGILE / 451407097
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstrak
ABSTRAK
Zakir Inggile, 451407097. Skripsi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Question Student Have Pada Topik Lingkungan Hidup. Jurusan Fisika, Prodi Pendidikan Geografi Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo 2012. Di bawah bimbingan Bapak Drs. Asri Arbie M.Si Pembimbing I dan Ibu Yayu Indriati Arifin, S.Pd, M.Si Pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh rendahnya partisispasi siswa dalam kegiatan pembelajaran serta siswa masih kurang percaya diri dalam mengungkapkan pertanyaannya. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Question Student Have. Siswa yang menjadi subjek tindakan kelas adalah kelas XI IPS SMA Tridharma kota Gorontalo tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 14 orang. Data diperoleh menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktifitas guru dan aktifitas siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Question Stuent Have dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Tridharma kota Gorontalo pada pelajaran Geografi khususnya materi lingkungan hidup. Hasilnya dapat dilihat pada siklus I yaitu hasil belajar siswa dari 14 siswa hanya 9 siswa (64,28%) yang tuntas. Selanjutnya pada siklus II dari 14 siswa, siswa yang tuntas 12 orang (85,71%). Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditentukan telah tercapai sehingga tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya.
Kata kunci : Metode Question Student Have, Hasil Belajar Siswa
Download berkas