SKRIPSI

Penulis / NIM
ADIWIJAYA TOMANYIRA. / 451408004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK Adiwijaya Tomanyira. “Identifikasi Hambatan Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru Geografi SMP/MTs Se-Kecamatan Tidore Utara”. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui hambatan yang dihadapi guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran, (2) mengetahui hambatan yang dihadapi guru berkaitan dengan strategi dan metode pembelajaran, (3) mengetahui hambatan yang dihadapi guru berkaitan dengan sarana dan media pembelajaran, (4) mengetahui hambatan yang dihadapi guru berkaitan dengan penilaian. Obyek dari penelitian ini yaitu sekolah SMP/MTs yang berada di Kecamatan Tidore Utara dan yang menjadi subyek atau sasaran dalam penelitian ini adalah guru geografi yang ada di sekolah SMP/MTs Kec. Tidore Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi, display dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan KTSP masih terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya baik pada perangkat pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran, sarana dan media pembelajaran maupun penilaiannya. Perangkat pembelajaran pada silabus dan rencana pembelajaran masih belum lengkap yaitu pada komponen indikator. Pada strategi dan metode pembelajaran, pemodelan dan refleksi, membawa informan atau ahli ke kelas, mengunjungi instansi terkait, lingkungan alam dan lingkungan tidak pernah dilakuakn oleh guru. Sarana dan media pembelajaran yang tersedia di sekolah sangat sedikit dan bahkan ada beberapa yang tidak ada seprti LCD, peta persebaran flora dan fauna di Indonesia, peta persebaran SDA di Indonesia, Peta cuasa dan iklim dan video. Penilaian yang dilaksanakan masih sebatas pada penilaian tertulis dan penugasan. Kata kunci : Identifikasi, Pelaksanaan, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011