Penulis / NIM
ADIWIJAYA TOMANYIRA. / 451408004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Adiwijaya Tomanyira. “Identifikasi Hambatan Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan Bagi Guru Geografi SMP/MTs Se-Kecamatan Tidore Utara”. Penelitian ini
bertujuan: (1) mengetahui hambatan yang dihadapi guru dalam mempersiapkan perangkat
pembelajaran, (2) mengetahui hambatan yang dihadapi guru berkaitan dengan strategi dan
metode pembelajaran, (3) mengetahui hambatan yang dihadapi guru berkaitan dengan sarana dan
media pembelajaran, (4) mengetahui hambatan yang dihadapi guru berkaitan dengan penilaian.
Obyek dari penelitian ini yaitu sekolah SMP/MTs yang berada di Kecamatan Tidore Utara dan
yang menjadi subyek atau sasaran dalam penelitian ini adalah guru geografi yang ada di sekolah
SMP/MTs Kec. Tidore Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan
wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi, display dan
penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan
KTSP masih terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya baik pada perangkat
pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran, sarana dan media pembelajaran maupun
penilaiannya. Perangkat pembelajaran pada silabus dan rencana pembelajaran masih belum
lengkap yaitu pada komponen indikator. Pada strategi dan metode pembelajaran, pemodelan dan
refleksi, membawa informan atau ahli ke kelas, mengunjungi instansi terkait, lingkungan alam
dan lingkungan tidak pernah dilakuakn oleh guru. Sarana dan media pembelajaran yang tersedia
di sekolah sangat sedikit dan bahkan ada beberapa yang tidak ada seprti LCD, peta persebaran
flora dan fauna di Indonesia, peta persebaran SDA di Indonesia, Peta cuasa dan iklim dan video.
Penilaian yang dilaksanakan masih sebatas pada penilaian tertulis dan penugasan.
Kata kunci : Identifikasi, Pelaksanaan, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Download berkas