Penulis / NIM
AHMAD G USMAN / 451408005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
AHMAD G. USMAN, (2013) Meningkatkan Hasil belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Berbasis Movie Maker Pada Materi Biosfer Siswa Kelas XI IPS-4 SMA Negeri I Bongomeme. Skripsi Jurusan Fisika Prodi Geografi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi biosfer dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD berbasis movie maker Siswa kelas XI IPS-4 SMA Negeri I Bongomeme yang menjadi subjek dalam penelitian ini berjumlah 34 orang siswa yang terdiri dari 16 orang siswa putra dan 18 orang siswa putri. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah (1) minimal 80 % siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai hasil belajar minimal 75. (2) kegiatan belajar mengajar yang dinilai melalui lembar observasi minimal mencapai kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh sebesar 20,6 % (7 orang siswa yang memperoleh nilai 75 keatas dari 34 orang siswa). Pada siklus I hasil belajar belum mencapai kriteria yang telah ditetapkan sehingga dilanjutkan pada siklus selanjutnya yakni siklus II. Hasil belajar pada siklus II ada peningkatan yang dicapai yaitu 82,3 % (28 orang siswa yang memperoleh nilai 75 keatas dari 34 orang siswa). Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya, yaitu Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD berbasis movie maker pada materi biosfer, maka Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS-4 SMA Negeri I Bongomeme meningkat.
Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Kooperatif Tipe STAD
Download berkas