Penulis / NIM
DARMAN GAMSORO / 451408012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
DARMAN GAMSORO. Pengaruh Penerapan Lesson Study Berbasis Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo Pada Materi Hidrosfer (Suatu Penelitian Di Kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo). Prodi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa di kelas yang pembelajarannya disertai pelaksanaan Lesson Study berbasis talking stick (kelas eksperimen) denagn hasil belajar siswa di kelas yang hanya menggunakan talking stick saja (kelas kontrol) pada materi Hidrosfer. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan Posttest Only Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo T.P 2011-2012. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Data hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument test hasil belajar. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil pengujian menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing adalah 42,3 dan 33,8. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh penerapan Lesson Study berbasis metode talking stick terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Lesson Study Berbasis Metode Talking Stick
Download berkas