Penulis / NIM
DIDI KRISTIANTO / 451408018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Didi Kristianto, Nim. 451 408 018. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe think pair share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam". Skripsi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Fitriyane Lihawa, M.Si dan Pembimbing II: Daud Yusuf, S.Kom, M.Si.
Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMA Negeri 1 Kwandang yang meneliti tentang hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran Geografi khususnya pada materi Sumber Daya Alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tipe Think Pair Share (TPS) dan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (SATD). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kwandang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster random sampling. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan tes essay. Tes diberikan kepada siswa yang berada di kelas eksperimen dan di kelas kontrol sebanyak 1 kali yaitu post-test. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan rumus uji lilifors dan diperoleh nilai hitungLv> Lt yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 0,0877 >0.1477 dan kelas kontrol 0.0947>0.1519. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kedua kelas data tersebut dapat terdistribusi secara normal. Untuk pengujian homogenitas menggunakan statistik Uji-Bartlet dan diperoleh nilai Fhitung < Ftabel yaitu 3.127ttabel yaitu 6.593>2.00.
Kata kunci: (TPS), (STAD), Hasil Belajar
Download berkas