Penulis / NIM
DWI YULIARTI / 451408020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK
Dwi Yuliarti. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Topik Lingkungan Hidup. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo.Di bawah bimbingan Bapak Drs.Asri Arbie, M.Si dengan Ibu Nurfaika S.Si, M.Sc.
Penelitian ini mengkaji tentang model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Berbasis Proyek dengan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran langsung. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dapat terlihat dengan adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung yaitu kelas eksperimen memiliki hasil belajar 13,4% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian, adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Pengajaran langsung Hasil belajar siswa
Download berkas