Penulis / NIM
ELISABETH MARLIEN SUATAN / 451408021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Elisabeth Marlien Suatan. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS-Terpadu Materi Geografi Di SMP Negeri 3 Anggrek. Skripsi. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Enos Taru, M.Pd. selaku pembimbing I dan Bapak Daud Yusuf, S.Kom.,M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran IPS-Terpadu materi Geografi di SMP Negeri 3 Anggrek. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Anggrek dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa dengan jumlah siswa 23 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIb dengan jumlah siswa 23 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membuat daftar hasil tes siswa pada kedua kelompok tersebut. Selanjutnya dilakukan pengujian normalitas data dengan menggunakan uji liliefors. Hasil dari pengujian tersebut adalah Lhitung < Ltabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 0,1443 < 0,173 dan untuk kelas kontrol sebesar 0,1269 < 0,173. Dengan demikian rata-rata skor hasil belajar siswa terdistribusi secara normal. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa thitung > ttable yaitu 1,8948 > 1,68. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran IPS-Terpadu materi Geografi di SMP Negeri 3 Anggrek. Dinyatakan terbukti dan diterima secara ilmiah.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS), dan Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar.
Download berkas