SKRIPSI

Penulis / NIM
ELISABETH MARLIEN SUATAN / 451408021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK Elisabeth Marlien Suatan. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS-Terpadu Materi Geografi Di SMP Negeri 3 Anggrek. Skripsi. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Enos Taru, M.Pd. selaku pembimbing I dan Bapak Daud Yusuf, S.Kom.,M.Si selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran IPS-Terpadu materi Geografi di SMP Negeri 3 Anggrek. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Anggrek dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa dengan jumlah siswa 23 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIb dengan jumlah siswa 23 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membuat daftar hasil tes siswa pada kedua kelompok tersebut. Selanjutnya dilakukan pengujian normalitas data dengan menggunakan uji liliefors. Hasil dari pengujian tersebut adalah Lhitung < Ltabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 0,1443 < 0,173 dan untuk kelas kontrol sebesar 0,1269 < 0,173. Dengan demikian rata-rata skor hasil belajar siswa terdistribusi secara normal. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa thitung > ttable yaitu 1,8948 > 1,68. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran IPS-Terpadu materi Geografi di SMP Negeri 3 Anggrek. Dinyatakan terbukti dan diterima secara ilmiah. Kata Kunci : Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS), dan Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011