Penulis / NIM
EMAWATI / 451408023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
EMAWATI. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Tata Surya. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem tata surya. Penelitian ini dilakukan pada kelas Xc sebagai kelas eksperimen dan kelas Xb sebagai kelas kontrol. Lebih jauh penelitian ini ditunjukkan untuk melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan metode bermain peran dengan kelas yang menggunakan metode ceramah. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X (sepuluh) di Sekolah SMA Prasetya Gorontalo. Instrumen penelitian menggunakan tes essay. Tes ini dilakukan pada siswa yang berada di kelas eksperimen dan siswa yang berada di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membuat daftar tes hasil belajar siswa pada kedua kelas tersebut. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statistik Chi-Kuadrat. Dari hasil analisis diperoleh untuk nilai c2hitung < ?c²?_tabel pada kelas eksperimen sebesar 8,29 ? 11,070 dan untuk kelas kontrol sebesar 4,73 ? 11,070. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan menggunakan t-tes menunjukkan bahwa c2hitung > c²_tabel yaitu 68,34 > 2,021. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan metode bermain peran dan kelas yang menggunakan metode ceramah.
Kata kunci: Metode Bermain Peran, Hasil Belajar, dan Sistem Tata Surya
Download berkas