SKRIPSI

Penulis / NIM
ERIK SUTRISMAN / 451408025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK Erik Sutrisman. 2013. Pengaruh Model pembelajaran kooperatif tipe quetion studen have dan picture and picture terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di SMA Negeri 1 Pagimana.Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajarankooperatif tipe question student have dan picture and picturepadakelas eksperimen dan kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan observasi. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik uji kesamaan dua rata-rata, dengan pendekatan yang digunakan adalah pengujian validitas, realibilitas, dan uji t. Dari hasil pengujian hipotesis di dapatkan thitung> ttabel yaitu 2,55 > 2,02. Sehingga dari hasil ini menunjukkan bahwa terdapat Perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatiftipe question student have dan picture and picture dengan kelas yang hanyamenerapkan model pembelajaran kooperatif tipe question student have. Kata Kunci :Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have,Picture and Picture ? ABSTRACT Erik Sutrisman. 2013. The influence of cooperative learning model in question student have and picture and picture toward study result of students IPS class XI. This research is a experimental research at SMA Negeri I Pagimana. This research aims to know whether there is difference between student study result in the class which use cooperative learning method of question student have and picture and picture toward experimental class and control class. Then design in this research use Pretest-Postest Control Group Design. The method used is quantitative method by using the technique of collecting data through test and observation technique. The collected data is managed and analyzed by using parametricstatisticaltest ofsimilarityntwoon averagewith the approach usedistesting the validity, reliability, and t test. From the testing of hypothesisthitung> ttabel is 2,5 > 2,02. So this result showed that there are differences of students study result between class which apply the model of cooperative learning for type question have dan picture and picture and the class which only apply model of cooperative learning for type question student have. Key Word: Cooperative Learning Type Question Student Have, Picture and Picture ABSTRAK Erik Sutrisman. 2013. Pengaruh Model pembelajaran kooperatif tipe quetion studen have dan picture and picture terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di SMA Negeri 1 Pagimana.Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajarankooperatif tipe question student have dan picture and picturepadakelas eksperimen dan kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan observasi. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik uji kesamaan dua rata-rata, dengan pendekatan yang digunakan adalah pengujian validitas, realibilitas, dan uji t. Dari hasil pengujian hipotesis di dapatkan thitung> ttabel yaitu 2,55 > 2,02. Sehingga dari hasil ini menunjukkan bahwa terdapat Perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatiftipe question student have dan picture and picture dengan kelas yang hanyamenerapkan model pembelajaran kooperatif tipe question student have. Kata Kunci :Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have,Picture and Picture ? ABSTRACT Erik Sutrisman. 2013. The influence of cooperative learning model in question student have and picture and picture toward study result of students IPS class XI. This research is a experimental research at SMA Negeri I Pagimana. This research aims to know whether there is difference between student study result in the class which use cooperative learning method of question student have and picture and picture toward experimental class and control class. Then design in this research use Pretest-Postest Control Group Design. The method used is quantitative method by using the technique of collecting data through test and observation technique. The collected data is managed and analyzed by using parametricstatisticaltest ofsimilarityntwoon averagewith the approach usedistesting the validity, reliability, and t test. From the testing of hypothesisthitung> ttabel is 2,5 > 2,02. So this result showed that there are differences of students study result between class which apply the model of cooperative learning for type question have dan picture and picture and the class which only apply model of cooperative learning for type question student have. Key Word: Cooperative Learning Type Question Student Have, Picture and Picture
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011