SKRIPSI

Penulis / NIM
EVI FEBRIYANTI H. DOMUT / 451408028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK Evi Febriyanti H. Domut. Pengaruh metode pembelajaran indeks card match terhadap hasil belajar siswa pada materi biosfer. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh penggunaan metode pembelajaran index card match terhadap hasil belajar siswa pada materi biosfer, lebih jauh penelitian ini ditunjukan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran index card match dengan metode pembelajaran konvensional, yang melibatkan kelas kontrol dan kelas experimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Gorontalo yang berjumlah 56 orang dan terdistribusi pada dua kelas, yaitu kelas XI IPS1 dan XI IPS4 dengan jumlah siswa masing-masing 28 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS yang berjumlah 140 orang. Sampel ini ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dimana seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Pengambilan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes. Tes diberikan kepada siswa yang berada di kelas experimen dan kelas kontrol yang merupakan tes evaluasi hasil belajar. Data hasil penelitian ini diuji normalitasnya dengan menggunakan uji statistik dan diperoleh nilai ? 2hitung ? ? 2 tabel yaitu untuk kelas experimen sebesar 3,246 ? 11,070 dan untuk kelas kontrol sebesar 4,733 ? 11,070. Data hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk kedua kelas data tersebut dapat terdistribusi secara normal. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data, maka rata-rata skor hasil belajar siswa menggunakan statistik uji t. Dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan didapatkan t_(hitung )? t_(tabel ) yaitu 3,757 ? 2,021. Sehingga dari hasil ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran index card match dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Index Card Match, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011