Penulis / NIM
FEBRIANTO TOHULOWULA / 451408029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK
Febrianto Tohulowula. Nim 451 408 029. Judul penelitian Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penerapan Metode Index Card Match Pada Materi Litosfer Siswa Kelas X Di Sma Negeri I Bualemo. Jurusan fisika, prodi geografi, fakultas matematika dan ipa, universitas negeri gorontalo tahun 2013. Dibawah bimbingan bapak Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd selaku pembimbing I dan ibu Nurfaika, S.Si. M.Sc selaku pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Index Card Match. Siswa yang menjadi subjek penelitian tndakan kelas adalah siswa kelas X SMA Negeri I Bualemo yang berjumlah 32. Data diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktifitas guru dan lembar pengamatan aktifitas siswa. Berdasarkan penelitian bahwa model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X SMA Negeri I Bualemo pada mata pelajaran geografi materi litosfer. Dengan hasil belajar siswa pada siklus Idari 32 siswa hanya 19 siswa yang mencapai criteria ketuntasan atau sebesar 59%, dan selanjutnya di perbaiki pada siklus II dari 32 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 26 siswa yang tuntas atau sebesar 81%. Dengan demikian berdasarkan indikator keberhasilan yang ditentukan telah tercapai dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus selanjutnya.
Kata kunci: Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Index Card Match
Download berkas