Penulis / NIM
HABRIYANSAH PAKAYA / 451408035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Habriansyah Pakaya, 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Melalui Lesson Study. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Berdasarkan tujuan masalah adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 4 Kota Gorontalo semester dua yang berjumlah sebanyak 212 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling yang melibatkan kelas eksperimen (X5 )dan kelas kontrol (X7 ). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan posttest only control design. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrumen tes. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statistik chi-kuadrat dan diperoleh nilai ? 2 hitung < ? 2tabel yaitu untuk kelas eksperimen 9,208 < 11,070 dan untuk kelas kontrol 8,243 < 11,070. Data hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk kedua kelas data tersebut terdistribusi normal. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data, maka rata-rata skor hasil belajar siswa menggunakan statistik uji t. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan t hitung ? ttabel yaitu 2,35 ? 1,98845. Sehingga dari hasil ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci ; Two Stay Two Stray dan Hasil belajar siswa
Download berkas