Penulis / NIM
HERSON / 451408044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
Herson. Pengaruh Penggunaan Metode Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Muhamadiyah Batudaa). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan yang menggunakan pembelajaran langsung pada pembelajaran Geografi Kelas XI SMA Muhammadiyah Batudaa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan Pretes-Posttes Kontrol Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Batudaa T.P 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampeling. Data hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil pengujian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung pada pembelajaran Geografi kelas XI SMA Muhammadiyah Batudaa, Dengan rata-rata kemajuan kemajuan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 35,3 > 25,8.
Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, hasil belajar siswa
Download berkas