SKRIPSI

Penulis / NIM
I KETUT SWANTE / 451408047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Abstrak
I Ketut Swanta. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di SMA Negeri 4 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Fisika, Prodi Geografi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I prof. Dr. H. Yosep Paramata, M.pd dan Pembimbing II Muhamad Yusuf S.si, M.si. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan pembelajaran langsung pada materi sumber daya alam. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan test hasil belajar yang diberikan pada sampel penelitian, sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas XI IPS2 sebagai kelas eksperimen sedangkan XI IPS1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Sebelum melakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan pengujian normalitas terhadap data untuk mengetahui apakah data tersebut berdistribusi normal sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik. Pengujian normalitas data menggunakan uji statistik chi kuadrat untuk pasangan hipotesis nol H0 dan tandingannya H1 dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan n1= 23, n2= 28 . hasil pengujian menunjukan bahwa ?2hitung < ?^2daftar yang berarti data yang terkumpul berdistribusi normal. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2). Hasil pengujian menunjukan bahwa thitung > tdaftar yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak atau hipotesis penelitian “terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model kooperatif tipe think pair share dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi sumber daya alam” yang diajukan diterima. Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share sangat baik diterapkan di Sekolah Menengah Atas khususnya materi sumber daya alam. Kata kunci: think pair share, hasil belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011