Penulis / NIM
I WAYAN PURNA / 451408049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
I Wayan Purna, 2012. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Pada Materi Lingkungan Hidup Melalui Lesson Study”. Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : 1) Dr.Rer. Nat. Mohamad Jahja dan Daud Yusuf S.Kom, M.Si. Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Lingkungan Hidup melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz pada materi Lingkungan Hidup melalui Lesson Study. Penelitian ini ditujukan untuk melihat apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa. penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Gorontalo. Instrument penelitian menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru selama kegiatan pembelajaran, lembar pengamatan kegiatan siswa selama kegiatan pembelajaran, lembar kegiatan lesson study selama kegiatan pembelajaran, dan lembar evaluasi hasil belajar. Hasil belajar siswa pada siklus 1 terlihat bahwa nilai persentase siswa yang tuntas sebesar 46% sedangkan nilai pesentase siswa yang tidak tuntas sebesar 54%. Setelah dilakukan perbaikan aspek-aspek yang masih dianggap kurang baik dari kegiatan siswa, kegiatan guru serta perencanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada siklus II. Terjadi peningkatan hasil belajar dimana pada siklus II nilai persentase siswa yang tuntas mencapai 89% dan siswa yang tidak tuntas mengalami penurunan yaitu dengan persentase sebesar 11%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Team Quiz dan Hasil Belajar
Download berkas