SKRIPSI

Penulis / NIM
IMRATUL KHUSNAH / 451408053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
ABSTRAK Imratul Khusnah..Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran geografi pada topik lithosfer. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Geografi, Jurusann Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.H.Fitryane Lihawa, M.Si dan Pembimbing II Raghel Yunginger,S.Pd,M.Si Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di SMA Negeri 1 Tibawa. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan metode team assisted individualization yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan cara mengkaji apakah terdapat pembelajaran berarti antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode Team Assisted Individualization dan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan metode Numbered Heads Together Seluruh siswa kelas X SMA Negeri Tibawa menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil 2 kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pada kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan tes sebanyak dua kali, yaitu tes awal dan tes akhir. Secara statistik data rata-rata skor kemajuan belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji perbedaannya dengan menggunakan teknik statistik parametrik. Berdasarkan kriteria penggujian yang digunakan diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan kritria pengujian hipotesis maka diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 39,98 > 4,08 yang berarti menerima hipotesis alternativ (H1 diterima). Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Secara keseluruhan kemajuan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 64 % dan pada kelas kontrol sebesar 34%. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan yang berarti hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan metode Team Assisted Individualization dengan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Numbered Heads Together. Kata kunci : Metode Kooperatif, Team Assisted Individualization, Numbered Heads Together, Hasil Belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011