Penulis / NIM
INSYANUDDIN / 451408054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Insyanudin. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Animasi Dalam Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrosfer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan menggunakan media gambar animasi dengan hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada materi Hidrosfer. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA 2 Negeri Gorontalo, Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo. yang berjumlah 304 orang yang tersebar pada 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Sampel yang di gunakan pada penelitian ini adalah kelas X 6 sebagai kelas yang akan mendapatkan perlakuan dengan menggunakan media gambar animasi, sedangkan kelas X 1 sebagai kelas dengan perlakuan pembelajaran konvensional.. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan cara pengujian yang relevan yaitu uji t. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis statistik uji beda dua rat-rata yaitu uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan media gambar animasi dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada materi hidrosfer di SMA 2 Negeri Gorontalo. Berdasarkan hasil temuan, maka disarankan agar media gambar animasi sebaiknya digunakan dalam pembelajaran geografi khususnya pada materi hidrosfer, Dalam proses pembelajaran hendaknya guru memilih media , pendekatan serta media yang tepat yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga siswa tidak jenuh dalam mengikuti kegiatan-kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: Pembelajaran Media Gambar Animasi, Hasil Belajar
Download berkas