Penulis / NIM
IRAWATI / 451408056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK
Irawati S. Lateka. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode The Learning Cell Pada Topik Lingkungan Hidup”. Permasalahan utama penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa pada topik lingkungan hidup. Metode The Learning Cell dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada topik lingkungan hidup. Hipotesis tindakan adalah jika digunakan Metode The Learning Cell pada pembelajaran lingkungan hidup, maka hasil belajar siswa meningkat. Siswa yang dikenai tindakan 32 orang siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Gorontalo tahun ajaran 2011/2012. Dalam pengumpulan data digunakan lembar pengamatan kegiatan guru, kegiatan keterlaksanaan pembelajaran, kegiatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan untuk hasil belajar apabila secara klasikal 75% jumlah siswa mendapat skor minimal 75. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 32 orang siswa yang dikenai tindakan ini ada 20 orang siswa atau 63% memperoleh nilai skor minimal 75, sedangkan 12 orang siswa atau 37% memperoleh nilai kurang dari 75. Ini menunjukkan bahwa presentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indikator ketuntasan yang ditetapkan. Untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus 2. Berbagai kekurangan pada siklus I selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan pada pelaksanaan siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa yang diperoleh dari 32 orang siswa ada 28 orang siswa atau 88% memperoleh nilai skor minimal 75. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode the learning cell pada topik lingkungan hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 4 Gorontalo pada Tahun pelajaran 2012/2013.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell .
Download berkas