SKRIPSI

Penulis / NIM
ISMAIL INDARA / 451408057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK ISMAIL INDARA, 451 408 057. Dengan Skripsi Berjudul “Implementasi Metode Pembelajaran Artikulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Topik Lingkungan Hidup Dan Pembangunan Berkelanjutan”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran artikulasi pada pelajaran geografi di SMA Negeri 4 Gorontalo pada semester genap Tahun pelajaran 2011/2012. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran artikulasi dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi atau pengamatan kegiatan belajar mengajar, lembar aktifitas belajar siswa dan tes hasil belajar setelah siswa menerima materi pelajaran. Adapun subjek yang dikenai tindakan adalah siswa SMA Negeri 4 Gorontalo kelas XI IPS 1 yang berjumlah 32 orang, yang di laksanakan pada bulan juni-juli 2012. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 4 kota Gorontalo pada pelajaran Geografi khususnya materi lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Hasilnya dapat dilihat pada siklus I yaitu hasil belajar siswa dari 32 siswa hanya 19 siswa (59,3%) yang tuntas. Selanjutnya pada siklus II dari 32 siswa, siswa yang tuntas 27 orang (84%). Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditentukan telah tercapai sehingga tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode pembelajaran Artikulasi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011