Penulis / NIM
ISRAWATI / 451408059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Israwati. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Topik Hidrosfer. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo.Di bawah bimbingan Bapak Dr.rer.nat. Mohamad Jahja dengan Bapak Citron S. Payu.
Penelitian ini mengkaji tentang model pembelajaran ARIAS. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan pengajaran langsung. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Posttest Only Control Design. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh Model Pembelajaran ARIAS dapat terlihat dengan adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan kelas kontrol yang menggunakan model pengajaran langsung, yaitu kelas eksperimen memiliki hasil belajar 6,78% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian, adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci : Model Pembelajaran ARIAS, Pengajaran langsung, Hasil belajar siswa
Download berkas