Penulis / NIM
JEPRI / 451408062
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Jepri 2012.” Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Pokok Bahasan Biosfer. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 di kelas XI IS SMA Negeri 1 Boliyohuto. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe make-a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi pokok bahasan biosfer. Penelitian ini menggunakan metode eksperiment dengan desain penelitian pretest postest control group design. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI IS-2 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IS -4 berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe make-a match dan dengan kelas yang tidak menggunakan pembelajaran kooperatif tipe make-a match. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata hasil belajar siswa pada pokok bahasan biosfer untuk kelas eksperimen pada kegiatan pretes diperoleh rata-rata sekitar 28,7 % dan postest diperoleh rata-rata sekitar 84,17 % dengan kemajuan hasil belajar yaitu sekitar 55,47 %. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada pokok bahasan biosfer untuk kelas kontrol pada kegiatan pretes diperoleh rata-rata sekitar 24,63 % dan postest diperoleh rata-rata sekitar 74,17 % dengan kemajuan hasil belajar yaitu sekitar 49,54 %. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe make-a match.
Kata kunci : pengelolaan kelas dan hasil belajar
Download berkas