Penulis / NIM
KARMIN IBRAHIM / 451408065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Karmin Ibrahim. “Deskripsi Kemandirian Siswa Dalam Kegiatan Belajar Geografi”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian siswa dalam kegiatan belajar geografi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Randangan. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan prosedur pengumpulan data melalui observasi secara langsung dan dokumentasi. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XC dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa. Analisi data kemandirian belajar yang deiperoleh yaitu kreteria Sangat Baik (SB) sebesar 0%, Baik (B) sebesar 9,5%, Cukup (C) sebesar 47,6% dan Kurang (K) sebesar 85,7%. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa kemandirian siswa dalam kegiatan belajar geografi di kelas X-c memenuhi kriteria kurang (K) dari aspek kemandirian yang meliputi, aspek berfikir kreatif, aspek meningkatkan keterampilan, aspek mampu memecahkan masalah, aspek percaya diri yang kuat, dan aspek memupuk tanggung jawab. Diperoleh temuan di kelas X-c pada aspek berfikir kreatif terdapat pernyataan yang pertama, siswa dapat menghubungkan materi pelajaran dengan pengalaman sehari-hari memenuhi kriteria kurang. Aspek meningkatkan ketrampilan terdapat pernyataan pertama, siswa bertanya kepada guru tentang materi pelajaran yang belum dipahami dan pernyataan ke dua, siswa mengungkapkan pendapat dengan menjawab pertanyaan dari guru, memenuhi kriteria kurang. Aspek mampu memecahkan masalah terdapat pernyataan yang pertama, siswa berusaha mencari solusi dari permasalahan yang diberikan oleh guru secara mandiri, dan pernyataan ke dua, siswa dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dengan berusaha sendiri tanpa meminta bantuan dari temannya, memenuhi kriteria kurang. Aspek percaya diri yang kuat di kelas X-c dapat diketahui pada pernyataan pertama, siswa tidak ragu-ragu menjawab pertanyaan dari guru, dan pernyataan ke dua, siswa tidak menyontek ketika menjawab soal yang diberikan oleh guru, memenuhi kriteria kurang.
Kata Kunci : Kemandirian Siswa
Download berkas